Dalam karir saya sebagai dosen, kaki saya sering berdiri di dua dunia: akademik dan manajemen. Sebenarnya rumah saya adalah di dunia akademik, tetapi tugas telah menempatkan saya di dunia manajemen juga. Saya tidak punya latar belakang dan pendidikan/pelatihan manajemen, sehingga saat ditugasi untuk memimpin sebuah unit manajemen, saya lebih banyak mengandalkan common sen, keyakinan, dan sedikit pengetahuan serta pengalaman dalam berinteraksi dengan dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Prinsip saya cuma satu: karena perguruan tinggi adalah institusi yang berkecimpung dengan sumber daya manusia, maka manajemen SDM harus mendapatkan perhatian yang paling besar. Dalam mengelola SDM, saya punya keyakinan bahwa tiap orang akan berkembang dan berkinerja maksimal bila ia diberi kesempatan dan dukungan dalam berkarya sesuai dengan kompetensi, minat, dan bidangnya. Berikan lingkungan yang kondusif dan dukungan serta perhatian (caring), lalu biarkan tiap orang mengembangkan diri sesuai arahnya masing-masing. Saya yakin tiap orang akan mencapai puncak kinerjanya, dan jika ini terjadi, maka institusi akan memetik buahnya.

Intinya: dalam memimpin, saya hanya berusaha mendukung dan melayani agar semua anggota institusi saya bisa berkembang semaksimal mungkin.

Berikut ini presentasi tentang apa yang saya lakukan semasa menjadi Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM.

Kepemimpinan Perguruan Tinggi di Era Informasi

Leave a Reply