Mungkin karena merasa gatal juga akibat huru-hara SIPKD yang tidak kunjung selesai, mungkin juga karena merasa ikut bertanggung jawab telah menulis artikel blog yang bikin rame, hari ini saya menyelesaikan tulisan baru berisi beberapa pemikiran tentang penyempurnaan SIPKD (dan sistem-sistem Dikti lainnya). Usulan ini didasarkan pada tujuan Dikti untuk merekam data kinerja dosen secara lengkap (ini adalah tujuan yang baik), yang saya gabungkan dengan modifikasi sistem yang ada saat ini untuk mengakomodasi peran/fungsi Dikti yang sebenarnya (sebagai regulator dan fasilitator).

Tulisan ini bukan tulisan ilmiah, hanya sekedar corat-coret ide. Mungkin saja ada ketidakakuratan karena saya tidak melakukan investigasi mendalam tentang sistem-sistem informasi Dikti. Mohon koreksinya kalau ada yang terlewat atau ketidakakuratan. Tujuan saya hanyalah menyediakan wacana untuk berdiskusi tentang bagaimana sebaiknya sistem-sistem Dikti dikembangkan, syukur kalau sampai ke para pengambil keputusan di Dikti dan kemudian ditindaklanjuti.

Akhirnya, selamat menikmati!

http://lukito.staff.ugm.ac.id/files/2014/02/Usulan-Perbaikan-Sistem-SIPKD.pdf

 

6 Comments on Usulan perbaikan SIPKD (dan sistem-sistem informasi Dikti lainnya)

  1. Kms. Rahmat says:

    izin donwload pak 🙂 … untuk dibaca2….

    trims

  2. Akar masalah sistem informasi yang khas di DIKTI atau barangkali di Indonesia pada umumnya adalah sifatnya yang lebih berat sebagai syarat daripada sebagai sarana. Akibatnya setiap orang menggunakan sistem informasi atau mengadakan data sebatas memenuhi syarat saja. Karena tidak ada pemanfaatan data lebih dari pemenuhan syarat (naik pangkat, akreditasi, ijin operasional dsb), maka akurasinya tidak penting. Karena akurasi tidak penting, maka dibuatlah sistem baru lagi setiap kali ada keperluan pendataan.

  3. sangat bermanfaat sekali,semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi

  4. informasinya sangat bermanfaat,terimakasih

  5. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

Leave a Reply